Jumat, Februari 15, 2008

Lambang Daerah Kabupaten Bandung Barat

Ini bukanlah lambang daerah Kabupaten Bandung Barat yang resmi, akan tetapi ini merupakan hasil karya cipta saya yang saya coba ikutsertakan dalam lomba/sayembara pembuatan lambang daerah Kabupaten Bandung Barat yang diselenggarakan oleh Sekretariat Pembentukan Lambang Daerah d/a Bagian Tata Praja Kantor Bupati Bandung Barat Jalan Raya Padalarang No. 545 Kode Pos 40553 saya berharap sich ini bisa menang...amien.

Adapun mengenai penjelasannya adalah sebagai berikut :


Arti Lambang :

Lambang daerah berbentuk perisai segi lima yang melambangkan Pancasila sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan warna dasar warna biru muda, di dalamnya terdapat gambar unsur-unsur lambang dan tulisan pada bagian atas yaitu dengan tulisan "BANDUNG BARAT", serta desain pita berwarna kuning pada bagian bawahnya dengan tulisan " GEMAH RIPAH KERTA RAHARJA " sebagai semboyan/motto yang menunjukan kehendak, cita-cita dan nilai-nilai luhur masyarakat Kabupaten Bandung Barat.

Lambang daerah terdiri dari 2 (dua) bagian perincian sebagai berikut :

A. Bentuk Gambar terdiri dari :

  1. Bintang melambangkan kultur masyarakat yang agamis dan pengejawantahan pancaran semangat keyakinan yang menyinari seluruh jiwa masyarakat Bandung Barat.
  2. Padi berwarna kuning berjumlah 12 (dua belas) butir dan kapas berwarna putih berjumlah 7 (tujuh) buah melambangkan Kabupaten Bandung Barat merupakan daerah agraris yang cukup sandang, pangan, jumlah padi dan kapas menunjukkan sejarah pembentukan Kabupaten Bandung Barat berdasarkan pada Undang-undang Nomor 12 Tahun 2007.
  3. Gunung berwarna hijaun tua, melambangkan Gunung Tangkuban Perahu yang sangat terkenal bersama dengan gunung-gunung lainnya yang ada di Kabupaten Bandung Barat yang kaya akan sumber daya alam dan tekstur tanah yang bervariasi/ bergelombang tidak merata terdiri dari dataran rendah dan pegunungan.
  4. Warna dasar biru dengan gelombangnya yang berwarna putih melambangkan daerah Bandung Barat yang kaya dengan potensi airnya berupa sungai dan danaunya yang sangat terkenal yaitu Danau Saguling dan Cirata, mencerminkan historis dan peluang ke depan Bandung Barat yang mengandung makna sumber kesuburan.
  5. Jalan yang melambangkan Jalan Tol Purbaleunyi yang melewati Kabupaten Bandung Barat yang merupakan urat nadi transportasi nasional yang juga urat nadi perekonomian menuju era globalisasi. Latar Belakang warna hijau muda melambangkan kesuburan tanah yang ada di Kabupaten Bandung Barat.
  6. Roda gerigi berwarna biru tua berjumlah 15 (limabelas), melambangkan orientasi semangat kerja pembangunan serta menunjukkan sektor industri yang sudah ada dan berkembang selama ini seperti di Padalarang dan jumlah 15 (limabelas) melambangkan jumlah kecamatan yang ada pada saat Kabupaten Bandung Barat terbentuk.
  7. Pita berwarna kuning sebagai pengikat, melambangkan betapa indah dan kuatnya ikatan persatuan dan kesatuan dalam integritas dan heteroginitas masyarakat Bandung Barat.
  8. Semboyan lambang daerah "GEMAH RIPAH KERTA RAHARJA" sebagai tujuan dan sasaran pembangunan menuju Bandung Barat yang subur, makmur, maju dan sejahtera sehingga tercapailah kebahagiaan hidup lahir dan bathin.

B. Makna Warna Lambang :

  1. Warna biru langit melambangkan kedamaian, ketenangan jiwa dan pikiran serta luas dan tingginya pikiran dan pandangan kemasa depan.
  2. Warna Kuning, melambangkan kemuliaan jiwa, lambang cahaya dan kebahagiaan, lambang kejayaan dan keluhuran budi.
  3. Warna merah, melambangkan keberanian yang didasari kebenaran.
  4. Warna biru tua, melambangkan kekuatan dan semangat kerja kesetiaan rakyat terhadap nusa dan bangsa
  5. Warna hijau melambangkan kesuburan serta kehidupan yang selalu bersendikan keagamaan dan berke-Tuhan-an Yang Maha Esa.
  6. Warna hijau muda melambangkan harapan bagi masa depan daerah untuk terus membangun suatu daerah yang adil, makmur dan sejahtera.
  7. Warna hitam, melambangkan keteguhan, kekuatan dan ketabahan hati.
  8. Warna putih, melambangkan kesucian, kebijaksanaan dan kearifan.

1 komentar:

Singgih Eko Prasetyo mengatakan...

Pak, semoga hasil karyanya mendapat penghargaan.. Maju terus,.... pantang mundur . By Singgih